Letak, Luas, Batas Wilayah, Keadaan Alam, dan Keadaan Penduduk Laos

Nama Asli : Sathanalat Paxathipatai Paxaxon Lao
Ibu Kota : Vientiane
Bentuk Negara : Republik
Kepala Negara : Presiden
Kepala Pemerintahan : Perdana Menteri

Laos merupakan salah satu negara miskin di Asia Tenggara. Laos berarti kerajaan jutaan gajah. Laos merdeka pada tanggal 2 Desember 1975 dari penjajahan Prancis

a. Letak dan luas wilayah

Secara geografis, Laos terletak di Semenanjung Indocina. Secara astronomis, Laos terletak pada 14oLU – 22oLU dan 100oBT – 107oBT.

Batas-batas wilayah Laos yaitu:

1) Sebelah utara: Cina.
2) Sebelah timur: Vietnam.
3) Sebelah selatan: Thailand dan Kamboja.
4) Sebelah barat: Sungai Mekong yang merupakan batas alam dengan Myanmar dan Thailand.

Luas wilayah Laos mencapai 236.800 km2. Wilayahnya terhimpit oleh daratan Asia Tenggara.

b. Keadaan alam

Negara ini tidak memiliki laut. Daratan Laos dikelilingi daratan yang berupa pegunungan. Sekitar 70% wilayah Laos berupa pegunungan. Pegunungan tersebut membentang dari utara ke tenggara. Pegunungan di Laos merupakan rangkaian Pegunungan Annam. Puncak tertinggi pegunungan di Laos terdapat di utara, yaitu Gunung Bia. Di daerah tenggara, terdapat Plato Bolovens. Plato tersebut membentuk perbatasan dengan Vietnam.

Laos juga memiliki banyak kawasan hutan. Sekitar 55% daratan negara tersebut tertutup hutan. Hutan di daerah utara merupakan hutan hujan tropis. Adapun hutan di sebelah selatan ditumbuhi pepohonan berkayu keras, seperti jati dan kayu mawar. Di daerah dataran rendah mengalir Sungai Mekong.

Sungai tersebut membentuk sebagian besar dari perbatasannya dengan Thailand.

Laos memiliki iklim tropis dengan 2 curah hujan yang cukup tinggi. Di bagian tengah, curah hujan berkisar antara 1.300-2.300 mm. Sedangkan di bagian selatan berkisar antara 3.000 mm. Laos mengalami musim hujan pada bulan Mei sampai Oktober.

c. Keadaan penduduk

Jumlah penduduk Laos sekitar 236.800 jiwa. Penduduk Laos terdiri dari berbagai suku bangsa. Terdapat lebih dari 65 suku bangsa di negara tersebut, di antaranya adalah suku bangsa Lao, Thai, Mon, Khmer, Hmong, Meo, dan Yao. Penduduk Laos menganut agama Buddha dan Kristen. Aliran kepercayaan terhadap roh juga masih dianut sebagian penduduk. Adapun bahasa yang digunakan penduduk adalah bahasa Lao.

Hasil utama pertanian Laos adalah padi dan jagung. Hasil lainnya berupa kapas, tembakau, sayuran, pisang, pepaya, dan kelapa. Lahan pertanian banyak terdapat di sepanjang Sungai Mekong. Kegiatan ekonomi lain penduduk Laos adalah beternak. Sapi, babi, kerbau, dan unggas merupakan hewan ternak di negara tersebut. Laos juga memiliki hasil hutan berupa kayu jati dan damar.

Kegiatan ekonomi lain yang juga dilakukan penduduk Laos adalah bidang pertambangan. Bahan tambang yang dihasilkan negara tersebut antara lain batu bara, timah, dan tembaga.